Kamis, 17 November 2011

ASP (Active Server Pages) Server Side Scripting

 ASP (Active Server Pages) Server Side Scripting
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk tekhnologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP diproses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui browser. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting. Berbeda dengan VBScript yang bekerja pada client atau disebut juga client side scripting. Meskipun demikian ASP mengunakan VBScript sebagai bahasa dasar untuk pemogramannya.

ASP adalah bahasa pemrograman made in Microsoft. Anda mungkin sudah bisa menerka kira-kira seperti apa ASP itu. Sangat compatible dengan .NET framework dan juga koneksi dengan MS SQL yang sangat bagus, tentu saja kan sama2 produk Microsoft. Berbayar, sudah pasti. Fungsionalitas dan kemudahannya? Ini yang saya kurang paham, karena belum pernah mencoba dan masih kekurangan bahan artikel tentang bahasa pemrograman yang satu ini. Tapi kabarnya ASP bahasa pemrograman yang berbasiskan event handling, ini tentu saja kabar baik bagi mereka yang tidak ingin beribet dengan HTML DOM dan javascipt untuk menangani event.

Active Server Pages atau ASP merupakan suatu script yang bersifat server-side yang ditambahkan pada HTML untuk membuat sebuah web menjadi lebih menarik, dinamis dan efektif. Dengan ASP kita dapat mengolah data konsumen yang diambil dengan sebuah form, membuat aplikasi-aplikasi tertentu dalam sebuah web, dan database dalam sebuah web.
Microsoft merupakan perusahaan software yang menciptakan teknologi ASP ini. ASP bukanlah sebuah bahasa pemrograman karena ia masih menggunakan instruksi-instruksi yang ada pada script lain yaitu VBScript dan Jscript. VBScript dan Jscript merupakan bahasa script stpenggunar yang digunakan ASP. Karena itu tak heran jika kemudian ASP menjadi script pemrograman yang popular dan laku di pasaran.
Karena bersifat server-side untuk memberikan kemudahan plus bagi para pemrograman web agar dapat dijalankan pada sebuah PC biasa berbasis windows, maka PC tersebut harus disimulasikan menjadi web server dengan menambahkan fasilitas Personal Web Server (PWS), yaitu sebuah server mini yang dapat menguji script ASP pada komputer pribadi tanpa memerlukan koneksi ke internet.
ASP berjalan didalam lingkungan IIS atau Internet Information Server . keatas yang dijalankan  dengan OS Windows NT dan PWS atau Personal Web Server, yang dijalankan dengan OS Windows NT Workstation dan Windows 9x. untuk Windows Professional, Server, Advanced Server dan Data Center, semuanya menggunakan IIS 5.O. akses ke database merupakan fasilitas ASP yang paling sering digunakan. ASP  mendukung akses ke database manapun selama database tersebut mendukung OLEDB atau ODBC.
Adapun contoh script dari ASP tersebut adalah:
<HTML>
<TITLE> Contoh penggunaan Delimeters
</TITLE>
<BODY>
<center>
<H1> Selamat Datang </H1>
<HR>
Halaman ini diload pada jam <% = time %>
<p>
<%
Response.write”Skrip yang diapit  delimeter yang dijalankan server”
%>
</BODY>
</HTML>

SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar