Kamis, 17 November 2011

XHTML

PENGENALAN XHTML

1. Pengertian
HTML + XML = XHTML
XHTML adalah pada dasarnya gabungan dari HTML (didesain untuk menampilkan data) dan XML (didesain untuk menjelaskan data). XHTML adalah tambahan HTML, ini sangat mirip dengan HTML4.01 dan ini seharusnya untuk mengganti HTML. XHTML lebih “bersih” dibanding HTML dan juga sebuah bahasa mark-up yang disiplin. XHTML adalah sebuah aplikasi dari XML (Extensible Mark-up Languange). XHTML direkomendasikan oleh W2C pada january 2000.
Alasan utama adalah HTML kurang bagus! HTML terlalu flexibel, anda dapat menulis code yang tidak benar dan mungkin akan ditampilkan dengan benar, tetapi tidak pada semua browser! dan kita dalam situasi yang tidak diduga pada sebuah prosentase yang paling besar dari web site adalah berisi kode yang buruk! kita juga dalam zaman dimana beberapa orang menggunakan PDA dan mobile phone untuk surfing www, beberapa type dari browser tidak dapat mengerti kode yang buruk. XHTML bermaksud untuk memberikan beberapa solusi dari masalah seperti ini karena ini disiplin dan bersih!
2. Perbedaan XHTML dan HTML
Disini terdapat perbedaan kecil diantara HTML 4.01 dan XHTML 1.0.
berikut ini hanya beberpa dari perbedaan utamanya:
  1. Semua XHTML elements harus dengan penutup.dalam HTML sebagai contoh dimulai dengan paragrap baru seharusnya ditutup paragrap sebelumnya. dalam XHTML Anda memerlukan sebuah tag pemulai dan tag akhiran dan
    . juga element kosong seperti
    ,
    , juga harus diberi akhiran seperti ini
    ,
    ,
  2. Nama Tag HARUS menggunakan huruf kecil
    XHTML dalam sebuah aplikasi dari XML dan XML adalah case-sensitiv!! ini berarti semua nama tag, anda tidak boleh menggunakan , ,

    , semuanya harus menggunakan huruf kecil.
  3. Element XHTML HARUS sebaiknya besarang < > . Anda mungkin bisa dengan menggunakan HTML tetapi tidak dalam XHTML, sebagai contoh:ini teks italic dan underline. .
  4. Document XHTML HARUS dalam bentuk yang bagus.
    semua elemen XHTML harus diantara root elemen. elemen dapat memiliki sub elemen tetapi harus berpasangan dan benar-benar bersarang dengan element induknya.

3. Aturan dan syntax XHTML

Berikut ini perbedaan utama antara HTML4.01 dan XHTML1.0 dan syntax anda harus mengikuti untuk menulis dokumen XHTML yang sesuai.
  1. Dokumen harus dalam bentuk yang bagus.ini biasanya berarti bahwa semua elemen harus memiliki tag penutup atau dituliskan dalam bentuk khusus dan semua elemet harus benar-benar bersarang. sebagai contoh tag yang tupang tindih mungkin akan bekerja pada beberapa browser tetapi TIDAK dibolehkan dalam XHTML. ini salah. tetapi ini benar.
  2. Semua nama elemen dan atribut harus menggunakan huruf kecil.
    XML adalah case-sensitiv jadi karena XHTML adalah sebuah aplikasi dari XML ini menjadi penting bahwa semua elemt dan atribut menggunakan huruf kecil, Anda dapat menggunakan

    atau , ini harus

    dan

  3. Tidak ada elemen yang kosong harus memiliki tag penutup.dalam HTML terdapat beberapa element yang mana tidak membutuhkan tag penutup. Sebagai contoh sebuah paragrapdapat ditutup degan paragrap berikutinya untuk diikutkan, tetapi dalam XHTML anda memerlukan penutup untuk menutup semua elemen jadi seharusnya ditutup dengan
  4. Nilai Atribut harus selalu dengan tanda kutipsebagai contoh ini benar tetapi
    ini tidak dibenarkan.
  5. Penyingkatan atribut tidak dibolehkan.sebagai contoh
     
    SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar